Tips Travel Photography – Faktor Non Teknis

Restaurant

Setelah sebelumnya menulis tentang tips teknis, kini saya ingin menyampaikan tips non teknis travel photography yang tidak kalah penting. Tips ini tidak sekedar berhubungan dengan penggunaan kamera saja. Lebih dari itu, tentang bagaimana mempersiapkan diri kita untuk mendapatkan foto perjalanan yang memuaskan.

  1. Lakukan riset

Sebelum melakukan perjalanan, cobalah cari tau, apa tujuan orang berkunjung ke sana. Ini akan membantu Anda untuk menentukan barang apa yang akan Anda bawa. Lebih dari itu, Anda dapat memperkirakan foto yang akan diperoleh dari sana. Hal ini karena Anda membawa gear yang tepat.

  1. Membawa perlengkapan secukupnya

Sebelum melakukan perjalanan, perkirakan kebutuhan sebaik-baiknya. Usahakan jangan kurang tetapi juga jangan sampai berlebih. Membawa banyak barang akan menyulitkan kita memotret, bahkan mengurangi kenyamanan kita berwisata. Bawalah barang secukupnya dengan tas yang nyaman untuk dibawa selama perjalanan.

  1. Isi penuh semua baterai

Hal sederhana tapi penting yang kadang terlupakan adalah mengisi baterai. Di dalam perjalanan, terkadang, kita sulit menemukan tempat mengisi ulang daya. Kalaupun mudah, kita tidak bisa memotret dengan kamera yang sedang di-recharge. Bagi yang memotret dengan menggunakan mobile phone, kalaupun masih bisa memotret, tidak akan optimal hasilnya. Nah, untuk itu usahakan membawa baterai cadangan atau pengisi daya portable. Dan, tentu saja, jangan lupa mengisi penuh semua baterai.

  1. Asuransi

Tempat yang kita kunjungi tidak semuanya tempat yang aman. Terkadang ada beberapa oknum yang memanfaatkan kelalaian atau keramaian untuk mencuri barang wisatawan. Jika Anda menggunakan kamera dengan harga tinggi, ada baiknya untuk mengasuransikan kamera Anda. Hal ini mencegah ratapan kesedihan jika terjadi kehilangan kamera.

  1. Membawa kamera ke manapun pergi

Hal ini mungkin sudah dilakukan oleh sebagian besar wisatawan.

  1. Berkomunikasi dengan penduduk lokal

Mengerti budaya yang ada di suatu daerah dapat membantu membuat foto yang bercerita. Untuk dapat mengerti budaya, kita harus berkomunikasi dengan penduduk lokal. Kita bisa menyewa ruang BnB untuk hidup bersama penduduk lokal. Dengan demikian, kita akan lebih mengerti lebih dalam mengenai budaya lokal.

  1. Memotret penduduk lokal

Beberapa orang akan terlihat aneh jika sadar dia difoto. Cobalah untuk bercakap-cakap dengan penduduk lokal. Selama percakapan akan muncul berbagai ekspresi seperti tertawa, senyum, atau mengernyit. Sebagai hasilnya, kita akan mendapatkan foto yang lebih natural.

  1. Meminta Ijin untuk memotret

Jika kita ingin memotret orang di jalanan, usahakan untuk meminta ijin. Hal ini penting. Selain untuk menghormati orang yang akan difoto, juga untuk kita lebih tenang membagikan foto di media social. Tidak ada lagi kekhawatiran akan tuntutan dari orang tersebut.

Gejog Lesung Player
  1. Memotret moment

Kita bepergian, mungkin hingga ratusan kilometer. Tentunya banyak moment yang dapat kita temui. Memotret moment secara spontan membuat foto lebih natural.

  1. Tidak harus menggunakan peralatan mahal

Anda tidak harus membeli kamera mahal. Cobalah untuk memahami kamera Anda. Pelajari fitur yang ada di kamera. Kemudian pelajari prinsip dasar fotografi. Lalu belajar, belajar, dan belajar sebelum Anda melakukan perjalanan.

  1. Bersabar

Mencobalah tidak terburu-buru dalam memotret. Bersabarlah untuk sebuah moment. Memotret di moment yang tepat akan menghasilkan foto yang lebih menarik. Terlebih lagi jika kita memotret di lokasi yang sangat ramai. Bersabarlah untuk mendapatkan moment saat tidak terlalu ramai. Dalam kondisi ramai, terkadang saya menyiasati dengan menggunakan low speed. Teknik ini akan menampilkan bahwa tempat itu cukup sibuk.

Fushimi Inari
Setelah lama menunggu, akhirnya dapat moment jalanan ini sepi dari barisan manusia
  1. Jangan berkunjung di peak season.

Bagi saya, ini adalah pilihan yang lebih baik dari menunggu moment di mana lokasi wisata sepi pengunjung. Selain bisa dengan mudah mendapatkan foto yang “less is more”, saya lebih bisa menikmati tempat wisata.

  1. Bangun lebih pagi dan tidur lebih malam

Usahakan bangun lebih awal daripada matahari terbit. Temukan cahaya yang luar biasa untuk membuat foto Anda lebih dramatis. Lalu tidurlah lebih lambat untuk melakukan night photography.

  1. Bersihkan lensa

Jangan lupa untuk membersihkan lensa. Selama perjalanan pasti banyak debu atau kotoran kecil beterbangan. Terkadang kita baru menyadari setelah melihat foto kita di PC. Kita menemukan bintik debu di dalam foto kita.

  1. Perhatikan pakaianmu

Point tips ini sangat non teknis di travel photography. Jangan sampai salah kostum. Tidak perlu menggunakan high heel untuk piknik di puncak gunung. Gunakan pakaian dengan warna yang cukup kontras dengan tonal warna tempat yang akan dikunjungi. Menjauhlah dari keramaian yang menimbulkan warna yang cukup mengganggu.

  1. Melihat dunia dengan cara yang berbeda

Begitu banyak keindahan yang dapat kita temukan di sekeliling kita. Namun terkadang kita perlu mengubah cara pandang untuk dapat melihatnya. Pasir putih, gedung bertingkat, dan jembatan sering kita temui. Namun refleksi dari mereka di sebuah cermin jarang kita perhatikan. Cobalah memotret refleksi gedung di genangan air.

  1. Jangan overthinking

Jangan berlebihan berfikir untuk memotret. Terkadang kita menemukan sebuah moment secara tiba-tiba. Begitu melihatnya, potretlah. Jangan berpusing dengan pengaturan kamera. Jika anda belum begitu memahami kamera Anda, mode otomatis akan sangat membantu.

  1. Buat back up File foto

Media penyimpanan yang kita pakai bisa saja rusak. Jangan sampai mendapatkan pengalaman terburuk kehilangan ratusan foto. Buatlah back up file di laptop atau external hard disk. Lakukan ini secara berkala. Begitu sampai di tempat menginap, segera back up file Anda.

  1. Mengatur Penyimpanan foto

Mengatur penyimpanan foto kita adalah hal yang sederhana tetapi sangat penting. Pengaturan foto yang baik akan memudahkan kita untuk mencari kembali foto itu di masa yang akan datang.

  1. Share Foto di Media Sosial

Jangan malu untuk berbagi foto di media sosial. Dengan membagikannya ke media sosial, kita akan mengerti bagaimana feedback para penikmat foto terhadap foto kita. Dengan begitu kita akan tau kekurangan kita dan terus belajar untuk memperbaiki.

>> Koleksi Travel Foto di IG

  1. Gunakan Tas yang Sesuai

Bagitu banyak produk tas kamera yang bagus. Pilihlah yang sesuai dengan cara Anda memotret pada saat traveling. Tas ini harus membuat Anda nyaman saat membawa dan hendak mengambil perlengkapan memotret.

  1. Perhatikan kondisi kamera

Kamera adalah alat yang memiliki usia pakai. Perhatikan selalu kondisi kamera sebelum melakukan perjalanan. Jangan lupa untuk melakukan perawatan dan pembersihan.

  1. Back up – Clear, atau bawa Memory Card cadangan

Biasanya begitu banyak hal yang ingin kita tangkap selama perjalanan. Hal ini datang secara tiba-tiba dan terkadang tak terduga. Jangan sampai melewatkan kenangan karena kartu memori sudah penuh. Lakukan back up dan clear kartu memori serta bawalah cadangannya.

  1. Pastikan Masih Ada space di Hard disk

Kita membutuhkan ruang penyimpanan untuk back up hasil jepretan kita. Pastikan masih ada ruang untuk menyimpan di hard disk.

  1. Less is More

Seringkali sebuah foto terlihat menarik karena simple. Tidak terlalu banyak muatan di dalam foto yang men-distraksi point of interest.

  1. Letakkan Kamera

Tips non teknis travel photography yang terakhir seringkali terlupakan. Tanpa sadar, kita memotret banyak hal dan membagikannya kepada orang lain tetapi kita sendiri lupa untuk menikmati destinasi wisata secara langsung. Beberapa orang terlalu fokus untuk memotret bangunan bersejarah dan tidak sempat mempelajari sejarahnya. Beberapa orang mengunjungi taman bunga yang sedang mekar sempurna, tapi tidak merasakan harumnya secara langsung.

 

Sejenak gantungkan kamera pada leher dan lepaskan genggaman Anda dari grip dan shutter. Sentuh lembutnya pasir pantai dan nikmati harumnya bunga. Bercakap santailah dengan partner perjalanan Anda.

Semoga membantu.

Enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *