Keseimbangan Fotografis

Pasar Petak Sembilan

Setelah sebelumnya menuliskan materi Geometri Dalam Fotografi, kali ini saya mencoba melanjutkan dengan pembahasan keseimbangan fotografis. Bukan bermaksud mengajari, hanya berbagi. Tulisan ini hanya hasil latihan saya setelah membaca referensi. Pembahasan ini masih di ruang lingkup komposisi fotografi.

Saat memotret, seringkali kita dihadapkan dengan berbagai macam objek. Objek-objek tersebut memiliki material, bentuk, warna yang tak jarang berbeda-beda. Namun, untuk menciptakan keseimbangan fotografis, kita tidak perlu membuat benda-benda yang akan dimasukkan ke dalam frame menjadi mirip. Kita dapat menjabarkan menjadi tiga komponen utama, yakni:

  • Keseimbangan dengan orang
  • Keseimbangan dengan benda
  • Keseimbangan dengan ruang.

Keseimbangan Dengan Orang

Dalam hal ini kita akan menyeimbangkan foto dengan memasukkan orang sebagai penyeimbang. Pada foto di bawah ini, para penari berada di bagian tengah frame. Namun, foto ini tidak cukup seimbang. Saya kemudian sedikit zoom out dan menggeser kamera ke kiri. Kini tampak para penari pria di sana yang menjadi penyeimbang dalam foto ini. Sekarang foto ini menjadi cukup seimbang.

Parade Tari Nusantara 2017 2
Parade Tari Nusantara 2017 1

◣Pada sebuah pemotretan prewedding, saya ingin mengekspos wajah laki-lakinya, dan saya menjadikan perempuannya sebagai penyeimbang. Pada foto ini saya memanfaatkan area terang yang terkena pancaran matahari untuk mengekspos wajah si pria, sedangkan si perempuan saya posisikan di area yang lebih gelap.

Pada saat menyusuri sebuah pasar di Chinatown, saya berjalan di belakang dua orang pria. Mata saya tertarik pada seorang wanita Tionghoa yang terkena paparan sinar matahari. Lalu saya arahkan kamera kepadanya. Saya tidak perlu repot zoom in karena wanita ini berjalan ke arah saya. Seorang pria dengan sepeda motor di sisi kanan dan pria di depan saya di sebelah kiri membuat foto ini seimbang.

Pasar Petak Sembilan

Keseimbangan Dengan Benda

Menerapkan keseimbangan dengan benda, prinsipnya sama dengan menerapkan keseimbangan dengan orang. Ini cukup mengasyikkan meski kadang membingungkan. Jika hanya ada satu subjek saja di sisi kiri, kita tinggal meletakkan satu subjek lain di sisi kanan dan foto akan menjadi seimbang. Contoh paling gampang adalah pada foto di bawah ini.

Kawah Putih 3

◣ Pada foto ini hanya terdapat sebuah tunggul pohon di sisi kiri. Kita dapat menyeimbangkan foto ini dengan meletakkan objek yang dominan di sisi kanan.

Pada foto di bawah ini, saya memotret kakak saya yang sedang berada di tepi kawah putih. Foto sebelah kiri, saya memotret dengan tidak seimbang. Namun, segera saya bergeser ke kanan dan saya mendapatkan foto yang seimbang.

Kawah Putih 1
Kawah Putih 2

Lalu bagaimana jika yang kita temui adalah puluhan benda dengan bentuk, ukuran, dan warna yang berbeda? Untuk kasus ini, gunakan lima pertanyaan kunci sebelum memotret:

  1. Mana objek terbesar dan atau paling dominan?
  2. Mana objek yang paling terang?
  3. Mana objek yang memiliki garis vertical yang dominan?
  4. Mana objek yang menciptakan sebuah pola?
  5. Mana objek yang paling kontras?

Keseimbangan dengan Ruang

Dalam membuat keseimbangan ruang, kita dapat menyeimbangkan foto kita dengan benda, orang, atau yang lainnya. Gampangnya, katakanlah, kita meletakkan subjek utama kita pada jarak 1 meter dari sisi kanan, usahakan untuk meletakkan subjek penyeimbangnya kira-kira 1 meter dari sisi kiri. Pada sesi prewedding yang sama dengan sebelumnya, saya menempatkan subjek di antara dinding sebuah pintu. Akses ruangan di belakang subjek yang berbentuk kurva (baca juga materi komposisi geometris) saya jadikan penyeimbang. Akses ruangan di belakang subjek merupakan yang paling dominan di antara yang lain. Oleh karena itu, saya menjadikannya penyeimbang dalam foto ini.

Prewedding Luky Adit 1

Sekian dulu pembahasan mengenai keseimbangan fotografis. Semoga bermanfaat dan bisa berbagi lagi hasil pembelajaran saya.

Enjoy!

One Reply to “Keseimbangan Fotografis”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *