Komposisi Geometri dalam Foto

Kali ini saya ingin berbagi mengenai komposisi geometri dalam fotografi, dan semoga ke depannya nanti, saya ingin berbagi mengenai teori dan tips yang pernah saya pelajari, atau sekedar berbagi hal yang pernah saya alami dalam fotografi. Karena komposisi memegang peran yang sangat penting, saya menampilkannya sebagai ulasan pertama. Sampai saat ini saya bukanlah fotografer profesioal. Ya. Dengan resminya saya belum diterima sebagai bagian dari yang profesional, hehe… Tapi berbagi ilmu kan boleh juga sesama pelajar. Bahkan mengajar membaca kitab suci pun tidak harus hafal kitab suci terlebih dahulu. Setuju ya?
Untuk kali ini, saya ingin menulis tentang geometri dalam fotografi.
Bentuk Geometri Dasar
Secara etimologis, kata geometri berasal dari bahasa Yunani, “geo”, yang artinya bumi, dan “metro”, yang artinya mengukur. Jangan kabur dulu, saya tidak akan menjelaskan definisi dalam matematika atau fisika. Singkatnya, geometri berkenaan dengan relasi ruang. Titik, garis, kurva, bidang, dan ruang berhubungan menghasilkan sebuah gambar dalam fotografi. Semua subjek dalam segala genre fotografi, terbentuk dari geometri dasar. Dengan menyusun geometri dasar itu, bukan sekedar perhitungan matematika dasar, bahkan sebuah foto mungkin akan menceritakan teori relativitas Einstein
 ◣ Rangka Jembatan sungai Bekasi yang membentuk empat buah segitiga.
Perkembangan teknologi kamera pada smart phone untuk mendukung hobi fotografi saat ini cukup pesat. Ukuran ponsel membuat kita tidak harus repot untuk membawa kamera berukuran besar. Hal ini tanpa sadar membuat kita membawa kamera ke mana pun kita pergi. Ini sangat cocok bagi yang menggemari street photography.

Lihat Galeri Street Photography dan Black and White Photography

Keluar sebentar, susuri jalanan, kita pasti menemukan berbagai macam bentuk geometris di sekeliling kita. Kembalikan pikiran kita seperti pikiran anak-anak. Segala yang kita lihat adalah bentuk geometris. Bola adalah lingkaran, jendela adalah persegi panjang, pizza slice adalah segitiga, dan sebagainya. Seperti terlihat pada foto di atas, rangka jembatan seolah membagi langit seperti potongan-potongan pizza. Ujung tumpukan baja concrete pada foto di bawah ini membentuk sekumpulan lingkaran yang tersusun rapih..
Ujung tumpukan baja tulangan memunculkan sekumpulan lingkaran

Membingkai Foto dengan Bentuk Geometris

Keteraturan dari bentuk geometri akan membuat sebuah pola. Munculnya bentuk  yang berbeda dari pola yang ada akan memancing  mata kita untuk melihat bentuk tersebut. Bagi para penggemar atau penggiat wedding photography pasti sudah sangat familiar dengan foto pengantin yang tampak dari celah pintu, melempar bouquet dari jendela mobil, dan semacamnya. Itu merupakan contoh pembingkaian foto dengan bentuk geometris yang ada di sekeliling kita. Selalu sensitive dengan bentuk geometris akan membuat kita semakin baik membuat pembingkain foto dengan bentuk geometris.
◣ Seorang anak melongkok dari sisi lain dinding yang terbuat dari susunan seng dan memiliki lubang berbentuk persegi panjang 
Foto di atas saya buat ketika saya berada di Magelang. Anak tetangga rumah mertua saya sedang melongok keluar melalui lubang berbentuk persegi panjang di dinding. Shadow dari lengkungan dinding seng membentuk garis, dan lubang persegi panjang merupakan bentuk yang paling berbeda dari yang lainnya. Hal ini membuat mata kita langsung terarah untuk melihat lubang tersebut sebagai bingkai.
Sedangkan foto di bawah ini memperlihatkan bingkai foto yang terbentuk dari dua batang pohon yang berdekatan dan ranting yang melintang. Berbeda dari ketidakteraturan ranting-ranting yang lain membuat bagian ini menjadi point of interest.
Celah dari batang dan ranting pohon membentuk bingkai . Kesejajaran batang pohon yang vertikal dengan tepian foto memperkuat kesan bingkai. ◢

Keseimbangan Geometri

Kita juga dapat memanfaatkan bentuk geometris untuk menyeimbangkan komposisi foto. Dalam hal ini kitta mengkombinasikan subjek makhluk hidup dengan subjek benda mati. Pada foto di bawah ini saya mencoba menyeimbangkan foto seorang gadis yang sedang berpose. Barisan lampu di tangga menjadi penyeimbang foto. Tanpa adanya barisan lampu tersebut, foto akan berat ke kiri.
Foto seorang gadis yang sedang berpose diseimbangkan dengan barisan lampu di tangga.

Menggabungkan Elemen-elemen Geometris

Foto lorong ruang makan sebuah hotel tersusun oleh elemen trapesium, kurva, dan garis vertical.◢
Saya mencoba mengamati sekeliling dan menemukan elemen-elemen geometris yang sudah dibicarakan sebelumnya. Kemudian saya mencoba menggabungkan berbagai elemen, garis, kurva, dan bidang menjadi sebuah komposisi foto. Foto di atas adalah foto lorong ruang makan sebuah hotel. Ada barisan bentuk trapesium, dan kurva. Lalu dua tiang terdekat saya jadikan bingkai dalam foto ini. Cahaya yang datang dari sisi kiri menembus jendela dan mengekspos meja makan di sebelah kiri.
Selamat mencoba merangkai elemen-elemen geometri dalam foto Anda.

One Reply to “Komposisi Geometri dalam Foto”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *