Fajar di Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu 1

Punthuk Setumbu adalah nama suatu tempat yang berada di Desa Karangrejo, Borobudur, Kabupaten Magelang. Secara etimologis, kata “Punthuk” dalam bahasa Jawa berarti gundukan atau bukit. Dari tempat ini dapat disaksikan pemandangan matahari terbit dengan berlatar belakang Gunung Merapi Merbabu. Ini salah satu spot terbaik untuk melihat sunrise menurut saya. Dari tempat ini pula kita dapat melihat Candi Borobudur di antara pepohonan. Candi Borobudur yang begitu besar dan megahnya terlihat sangat kecil dibandingkan dengan Gunung Merapi dan Merbabu. Tempat ini seolah mengingatkan kita akan keagungan Tuhan.

Punthuk Setumbu 4

Silhouette Borobudur tampak dari Punthuk Setumbu. 

Point of Interest Punthuk Setumbu

Punthuk setumbu berlokasi sekitar 21 kilometer ke arah selatan dari pusat Kota Magelang. Dengan ketinggian sekitar 400 mdpl dan lebih tinggi dari lokasi di sekelilingnya membuat lokasi ini memiliki view yang menarik. Tempat ini juga memiliki geometri yang menawan untuk pengambilan foto. Waktu terbaik untuk mendapatkan pemandangan indah di Punthuk Setumbu adalah di pagi hari saat matahari terbit. Sejumlah biro perjalanan wisata biasanya akan mengajak para wisatawan untuk datang ke sana sebelum fajar menyingsing. Tidak sedikit turis mancanegara yang datang ke tempat ini untuk sekedar menikmati pemandangan sunrise di Setumbu.

Biasanya orang menikmati matahari terbit di gunung yang tinggi. Punthuk Setumbu menawarkan pemandangan yang berbeda dengan adanya Candi Borobudur di sisi timur, Gunung Merapi dan Gunung Merbabu di sisi Timur laut. Saat sang surya mulai terbangun, akan tampak silhouette Candi Borobudur. Candi Borobudur seolah sedang berendam di tebalnya kabut cakrawala yang menembus sela-sela pepohonan. Ketika mengambil sudut pandang yang luas hingga tampak puncak merapi, Candi Borobudur yang begitu megah hanya akan tampak seperti bangunan kecil saja.

Selain pemandangan alam yang indah, Setumbu juga menawarkan spot foto yang instagrammable. Dengan latar belakang bebukitan atau persawahan di sisi selatan bukit membuat foto semakin sedap dipandang.

Akses Menuju Punthuk Setumbu

Untuk menuju Punthuk Setumbu dengan nyaman, tidak ada cara lain kecuali menggunakan kendaraan pribadi karena rute yang akan ditempuh sudah keluar dari jalur utama. Namun, dengan adanya teknologi GPS dan google map, Anda tidak perlu khawatir nyasar karena lokasinya sudah terdeteksi google map dengan baik. Jalan menuju setumbu tidak terlalu lebar, jadi berhati-hati jika Anda menggunakan mobil dengan ukuran besar.

Memasuki Area Punthuk Setumbu

Untuk masuk ke kawasan Punthuk Setumbu, cukup dengan membayar tiket masuk seharga IDR 15.000 untuk wisatawan domestik dan IDR 30.000 untuk turis mancanegara. Harga tersebut belum termasuk parkir kendaraan. Ongkos parkir sebesar IDR 2000 untuk sepeda motor dan IDR 5000 untuk mobil. Selanjutnya Anda akan berjalan melalui jalan setapak untuk menuju lokasi yang sudah disediakan untuk menikmati indahnya pemandangan saat matahari terbit.

Gunung Merapi tampak dari Punthuk Setumbu. 

Punthuk Setumbu 2

Tips Berwisata di Punthuk Setumbu

Agar dapat menikmati semua keindahan yang ditawarkan oleh Punthuk setumbu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika hendak berpiknik ke Punthuk Setumbu.

Usahakan Anda sudah berada di lokasi sekitar pukul 03:30-04:00 agar tidak kesulitan mendapatkan posisi terbaik untuk menikmati pemandangan. Anda akan bersaing dengan puluhan wisatawan lain yang juga datang pada jam-jam tersebut. Posisi menentukan prestasi.

Jalan menuju spot cukup terjal dan kadang licin, usahakan memakai sandal gunung agar nyaman saat tracking. Selama tracking, Anda akan cukup berkeringat, maka gunakan kaos yang cukup tipis tetapi bawalah jaket karena, setelah sampai di atas, angin dingin akan menerpa.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Setumbu adalah di saat musim kemarau, sekitar bulan Mei sampai Agustus karena untuk alasan keamanan, jalan tidak licin atau becek, dan untuk alasan peluang mendapatkan pemandangan matahari terbit yang lebih besar. Apabila Anda memaksa datang di musim penghujan, usahakan membawa jas hujan karena tidak banyak tempat untuk berteduh di sana.

Sambil menunggu terbitnya matahari, Anda bisa meneguk kopi panas dengan membawanya dari bawah atau dengan membeli dari beberapa pedagang di sana. Tertarik untuk menikmati keindahan Setumbu? Semoga tulisan ini dapat membantu Anda untuk lebih menikmati keindahan Setumbu.

Enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *